Cara Mudah Cek dan Bayar BPJS Kesehatan di Aplikasi Bebasbayar

Spread the love

BPJS Kesehatan adalah program pemerintah untuk menyediakan layanan asuransi kesehatan untuk semua lapisan masyarakat dan terutama yang tidak tercakup oleh asuransi kesehatan swasta. Keuntungan dari BPJS Health adalah biaya kuliah lebih terjangkau, dapat memilih kelas mana yang paling sesuai dengan kemampuan dan fasilitas yang ingin Anda peroleh, dapat digunakan untuk perawatan medis gratis di rumah sakit, dan berbagai macam fasilitas disediakan.

BPJS Kesehatan adalah fasilitas layanan kesehatan untuk semua warga negara Indonesia. Pendaftaran BPJS dapat dilakukan melalui perusahaan tempat Anda bekerja atau mendaftar secara mandiri atau individual. Keduanya memiliki kewajiban untuk membayar biaya bulanan sesuai dengan kelas yang dipilih.

Mereka yang mendaftar melalui perusahaan biasanya akan dikurangkan langsung dari gaji mereka, atau melakukan pembayaran secara mandiri yang dapat dilakukan di kantor kesehatan BPJS, di toko serba ada, membayar melalui ATM atau layanan autodebet, atau membayar di Kantor Pos dan beberapa konter tagihan . dan jika Anda mendaftar sebagai independen sangat rentan terlambat dan didenda di bawah ini adalah tagihan BPJS

RUU Kesehatan BPJS baik-baik saja
Banyak yang memilih BPJS sebagai asuransi seumur hidup. Ini dilakukan karena BPJS menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan yang lain. Cara memeriksa kesehatan BPJS online juga mudah, dan cara membayar yang perlu dilakukan setiap bulan tidak begitu memberatkan karena mudah dilakukan di mana saja, bisa melalui Kantor Pos, ATM, atau kantor BPJS secara langsung.

Sebelumnya, BPJS memberlakukan aturan bahwa mereka yang menunggak hingga 3 bulan, keanggotaan mereka akan dinonaktifkan, dan setiap bulan mereka akan didenda 2%, oleh karena itu kita harus memeriksa kesehatan online BPJS secara teratur. Namun, ini telah berubah sejak 1 Juli 2016. Jadi, apa aturan penundaan BPJS yang baru? Lihatlah penjelasan di bawah ini!

1. Status dinonaktifkan
Bagi Anda yang terlambat membayar tagihan BPJS, statusnya dapat dinonaktifkan, dan hanya dapat aktif kembali, jika pembayaran telah dilakukan. Dan ini berlaku untuk periode 1 bulan. Untuk mengaktifkan kembali, pembayaran hanya dibebankan pada biaya tagihan asli dan dapat dilakukan di mana saja. Namun, sebagai catatan, jika sudah setahun menunggak, pembayaran atau penalti hanya dapat dilakukan di kantor BPJS.

2. Denda sekitar 2.5%
Tentu saja Anda akan berpikir bahwa peningkatan hukuman 0,5% dari aturan sebelumnya. Namun, Anda juga harus menyadari bahwa perubahan sistem terjadi. Biaya kontribusi BPJS sekitar 2,5% hanya dibebankan kepada peserta yang dirawat di rumah sakit. Jadi, mereka yang didenda bukan mereka yang membayar pembayaran, tetapi mereka yang dirawat di rumah sakit 45 hari setelah kartu BPJS diaktifkan kembali.

3. Sanksi Layanan Publik
Bagi mereka yang status BPJS tidak aktif, dimungkinkan untuk mendapatkan sanksi dalam bentuk layanan publik yang tidak dapat dilakukan, seperti tidak dapat membuat paspor, SIM, dll. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam membayar tagihan BPJS secara teratur, yaitu, sebelum tanggal 10 setiap bulan. Mari kita periksa tagihan kesehatan BPJS Anda secara online sebelum terlambat dan dapatkan denda.

Jadi, sebelum terlambat atau didenda, ini adalah cara mudah untuk membayar tagihan BPJS Anda dalam aplikasi Tidak Dibayar:

1. Pertama, Anda dapat mendaftar secara gratis melalui situs web BebasBayar.com atau Anda juga dapat menginstal aplikasi FreeBayar.
2. Masuk akun Anda melalui situs web Berbayar Gratis atau melalui aplikasi yang telah Anda instal.
3. Pilih menu Kesehatan BPJS
4. Masukkan ID BPJS atau Tidak. Kartu BPJS Anda di kolom yang disediakan.
5. Masukkan jumlah bulan.
6. Anda harus memastikan bahwa saldo Bayar Gratis Anda mencukupi untuk pembayaran BPJS Kesehatan yang akan Anda lakukan.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, jika pembayaran berhasil, bukti pembayaran dari BPJS Kesehatan akan muncul dan Anda dapat mencetak bukti pembayaran.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You May Also Like

About the Author: khodijah123

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!