7 Tips Efektif Memangkas Tagihan Rumah Tangga

Spread the love

Kebutuhan rumah tangga adalah jenis kebutuhan harus dipenuhi setiap bulannya. Kebutuhan rumah tangga setiap keluarga tentunya berbeda. Hal itu disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga, besar penghasilan, berapa banyak kebutuhan yang diperlukan serta juga tergantung gaya hidup yang dimiliki keluarga tersebut.

Namun bagaimanapun juga, untuk perencanaan keuangan yang sehat dalam waktu jangka panjang alangkah baiknya jika kebutuhan rumah tangga bisa diatur sedemikian rupa. Seorang ibu rumah tangga harus bisa mengatur uang belanja agar supaya bisa cukup bahkan jikalau memungkinkan ada dana sisa yang bisa ditabung. Itulah yang disebut perencanaan keuangan yang baik dan sehat.

7 Tips Efektif Untuk Memangkas Tagihan Rumah Tangga

Banyak ibu rumah tangga yang merasa kesulitan untuk mengelola keuangan rumah tangga mereka hanya dikarenakan tak adanya perencanaan keuangan yang baik. Untuk itu diperlukan beberapa cara lainnya agar supaya tagihan rumah tangga yang datang rutin setiap bulannya bisa Kita pangkas tanpa harus mengurangi hal penting yang harus ada dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga tersebut. Berikut beberapa tips untuk pangkas tagihan rumah tangga setiap bulannya.

  1. Buat perencanaan keuangan

Tips yang pertama adalah dengan membuat perencanaan keuangan terlebih dahulu. Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah hitung berapa penghasilan bulanan dalam rumah tangga Anda. Gabungkan antara penghasilan suami dan istri (jika ada). Baru kemudian buat daftar kebutuhan rumah tangga dari mulai kebutuhan harian, mingguan hingga bulanan.

Atau Anda juga bisa memilih opsi yang satu ini. Dimana Anda harus mengetahui berapa besar penghasilan suami dan istri (jika ada) setiap bulannya. Setelah itu baru lakukan pembagian tugas pembayaran tagihan rumah tangga sesuai besar penghasilan yang dimiliki.

Misalnya untuk tagihan rutin cicilan rumah, listrik dan air, internet dan telepon, dan lainnya menjadi tanggung jawab suami. Sedangkan untuk belanja bulanan menjadi tanggung jawab istri. Namun ingat, bagaimanapun perencanaan yang Anda buat, sebisa mungkin lakukan perencanaan tersebut dengan maksimal agar pengeluaran tidak keluar dari budget awal.

  1. Hemat biaya dapur

Seorang ibu rumah tangga seharusnya bisa membuat pengeluaran biaya dapur menjadi lebih hemat. Diantaranya adalah dengan menjadwalkan belanja kebutuhan rumah tangga setiap bulannya, sehingga Anda tidak harus bolak balik toko kecil saat ada kebutuhan rumah tangga mendesak. Selain hal itu akan membuat Anda lebih repot, dijamin pengeluaran juga akan bertambah karena ingin membeli barang lainnya.

Cara hemat lainnya adalah dengan berbelanja kebutuhan dapur setidaknya setiap 1 minggu sekali. Hal ini akan sangat berpengaruh pada pengeluaran belanja dapur yang Anda keluarkan. Buat terlebih dahulu menu yang akan Anda masak dalam seminggu. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk membuat daftar belanja dapur untuk minggu tersebut.

  1. Hemat biaya listrik dan air

Anda juga bisa menghemat pengeluaran biaya listrik dan air dengan lebih efisien. Yang pertama ganti semua lampu yang ada di rumah Anda dengan lampu hemat energi. Usahakan untuk selalu membiasakan mematikan lampu ketika tak sedang digunakan.

Kemudian untuk pengeluaran air, Anda bisa memasak sendiri air minum untuk keluarga Anda ketimbang membeli air galon setiap bulannya. Pasang shower atau pancuran air di setiap kamar mandi yang ada di rumah Anda. Mandi menggunakan shower jauh lebih hemat air ketimbang menggunakan gayung. Ganti detergen dengan yang lebih ramah lingkungan sehingga air bekas cucian bisa Anda gunakan untuk menyiram tanaman.

  1. Kurangi tagihan telepon dan internet

Anda juga harus bisa melakukan penghematan dalam tagihan telepon dan internet. Usahakan untuk seminimal mungkin menggunakan telepon kecuali untuk hal yang penting saja. Dan jika Anda lebih banyak menggunakan internet di luar rumah karena seharian beraktivitas maka lebih baik hentikan langganan internet setiap bulannya. Pasang saja TV berlangganan untuk hiburan Anda selepas beraktivitas.

  1. Rutin bayar tagihan bulanan

Setiap keluarga pasti memiliki tagihan bulanan yang berbeda bukan? Dari mulai cicilan rumah hingga tagihan telepon dan internet. Pastikan Anda mengetahui jumlah yang harus dikeluarkan secara rutin setiap bulannya. Bayarkan langsung pada saat Anda gajian agar supaya tagihan bisa terbayar dengan baik.

Ingat jika Anda terlambat membayarkan tagihan maka tentu ada denda yang harus Anda bayarkan saat itu pula. Hal itu akan menambah pengeluaran Anda karena bukan hanya satu tagihan namun ada beberapa tagihan yang terlambat Anda bayarkan. Jika Anda terlampau sibuk sehingga terkadang lupa untuk membayarkan tagihan maka gunakan saja fitur autodebet di bank Anda untuk pembayaran tagihan rutin setiap bulannya.

  1. Hemat biaya asisten

Apakah Anda menggunakan asisten di rumah tangga Anda? Benarkah pekerjaan rumah tangga tak bisa Anda lakukan sendiri sehingga harus minta bantuan asisten rumah tangga? Saat ini sudah banyak teknologi yang bisa membantu Anda untuk bisa mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga dengan mudah. Manfaatkan saja hal tersebut untuk memangkas biaya asisten rumah tangga yang Anda pakai.

Misalnya saja beli mesin cuci yang bisa mencuci sekaligus mengeringkan. Anda juga bisa menggunakan mesin pembersih debu untuk membersihkan ruangan secara berkala. Untuk pekerjaan memasak ada banyak alat masak canggih yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan cepat. Dan jangan lupa untuk meminta kerja sama semua anggota keluarga untuk bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga.

  1. Buat daftar belanja

Dan tips yang terakhir adalah dengan membuat daftar belanja setiap bulan dan minggu. Kebutuhan rumah tangga yang masuk ke dalam daftar belanja bulanan adalah jenis kebutuhan rumah tangga yang memang dibutuhkan secara rutin setiap bulannya. Dari mulai kebutuhan kebersihan diri, sebagian kebutuhan dapur dan kebutuhan camilan untuk keluarga.

Sedangkan yang masuk ke dalam daftar belanja mingguan adalah belanja sayur dan bahan makanan mentah. Mengapa ini harus dilakukan secara mingguan, tak lain agar supaya menu masakan setiap minggunya bisa bervariasi dan bahan masakan yang digunakan pun masih segar sehingga rasanya lebih nikmat.

Tips Belanja Hemat Untuk Ibu Rumah Tangga

Setiap ibu rumah tangga pasti ingin melakukan penghematan di setiap pembelanjaan bulanan mereka. Manfaatnya apa? Tentu saja adanya sisa dari biaya belanja bulanan bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan lainnya seperti kosmetik misalnya. Kemudian usahakan untuk membeli stok barang kebutuhan rumah tangga yang sedang promo. Anda juga bisa berbelanja dalam kemasan besar agar lebih hemat. Dan jangan lupa cek tanggal kadaluwarsa agar supaya penggunaannya lebih awet serta tahan lama.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You May Also Like

About the Author: khodijah123

error: Content is protected !!