Simak Tips Belanja Hemat Efektif Bulanan

Spread the love

Sudah ada banyak sekali artikel yang membahas tentang bagaimana cara melakukan penghematan dalam kebutuhan rumah tangga. Salah satu pos pengeluaran yang paling besar dalam rumah tangga tentunya adalah belanja kebutuhan rumah tangga. Banyak ibu rumah tangga yang memiliki perencanaan yang baik sehingga belanja bulanan bisa lebih hemat.

Lalu bagaimanakah cara agar supaya belanja bulanan bisa lebih hemat tanpa harus mengurangi kebutuhan penting yang ada di dalamnya. Artinya Kita masih tetap bisa mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan Kita namun tetap bisa mengurangi pengeluaran secara efektif.

Beberapa Tips Yang Efektif Untuk Menghemat Belanja Bulanan

Jika Anda termasuk  salah satu ibu rumah tangga yang masih belum bisa menghemat biaya belanja bulanan maka sebaiknya simak artikel bermanfaat berikut ini. Ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya belanja bulanan.

  1. Buat jadwal belanja

Yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan membuat jadwal belanja yang harus Anda lakukan. Sebaiknya pisahkan antara belanja bulanan, mingguan dan harian. Buat daftar berupa tabel yang memiliki keterangan jenis kebutuhan, budget yang dibutuhkan dan siapa yang bertanggung jawab atas hal tersebut.

  1. Belanja di pasar tradisional

Tips yang kedua adalah dengan berbelanja di pasar tradisional. Pasar tradisional yang ada saat ini sudah lebih bersih dan modern. Anda bisa mendapatkan banyak kebutuhan dapur di pasar ini secara lengkap sekaligus dengan harga murah. Usahakan untuk berbelanja kebutuhan dapur seperti sayuran dan bahan makanan mentah lainnya di pasar tradisional setiap satu minggu sekali.

  1. Buat daftar belanja

Sebelum Anda membuat daftar belanja, terlebih dahulu Anda harus membuat menu masakan yang akan dibuat selama satu minggu ke depan. Usahakan jenis masakan bervariasi agar supaya selera makan keluarga Anda tetap terjaga.

Membuat menu masakan setiap minggunya akan memudahkan banyak hal untuk Anda. Diantaranya adalah mempermudah Anda untuk membuat daftar belanjaan setiap minggunya sehingga pengeluaran belanja Anda tidak melebihi budget.

  1. Simpan nota pembelian

Sering kewalahan untuk mengatur uang belanja bulanan? Atau Anda sering berbelanja namun ternyata uang yang dikeluarkan melebihi budget yang ada? Cara untuk mengatasinya cukup mudah. Yaitu dengan menyimpan struk belanja atau nota pembelian setiap Anda berbelanja.

Cara tersebut ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya adalah untuk mengetahui berapa pengeluaran rutin yang Anda butuhkan setiap bulan atau minggunya. Anda juga bisa menghitung kebutuhan rumah tangga setiap bulannya berdasarkan harga rata-rata dari sejumlah belanjaan yang Anda lakukan.

  1. Lihat promo

Sering melihat ada pemberitahuan promo di beberapa supermarket yang ada di daerah tempat tinggal Anda? Bandingkan dengan harga normal yang biasa Anda gunakan, jika jeda harga dirasa cukup banyak Anda bisa memanfaatkan promo tersebut.

Misalnya dengan membeli barang promo tersebut dalam jumlah cukup banyak. Namun ingat, barang yang masuk ke dalam harga promo adalah merupakan kebutuhan rumah tangga yang Anda gunakan dan usahakan untuk selalu  melihat tanggal kadaluwarsanya.

  1. Pisahkan anggaran di amplop

Jika Anda termasuk jenis orang yang sulit untuk mengelola uang belanja bulanan maka sebaiknya Anda gunakan strategi amplop. Caranya dengan menghitung setiap pengeluaran rutin yang Anda lakukan setiap bulannya. Kemudian lakukan pembagian dana secara langsung setelah Anda menerima uang bulanan.

Pisahkan antara uang untuk belanja bulanan, mingguan dan harian. Buat amplop tersendiri untuk membayar tagihan bulanan. Dan jangan lupa untuk membuat amplop untuk dana darurat yang akan dipakai jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Jika amplop dana darurat tak terpakai, maka Anda bisa memasukkannya ke dalam tabungan setiap bulannya.

  1. Hindari penggunaan kartu kredit

Dan tips belanja hemat selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit. Meski kartu kredit disediakan untuk memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan Anda namun pastikan Anda bijaksana dalam menggunakannya.

Gunakan kartu kredit hanya jika ada barang kebutuhan penting yang mendesak harus Anda miliki saat itu. Namun sebelumnya pastikan penghasilan Anda bisa digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit yang akan datang setiap bulannya.

Agar Pengeluaran Harian Menjadi Lebih Hemat

Lalu adakah cara agar supaya pengeluaran harian menjadi lebih hemat? Tentu saja ada. Diantaranya Anda bisa memasak sendiri bekal untuk Anda sekeluarga saat bekerja dan sekolah. Hal ini akan membuat Anda bisa menghemat biaya pengeluaran makan siang.

Agar penggunaan bumbu masak lebih awet dan juga tahan lama Anda bisa mengolah bumbu masak homemade. Selain lebih praktis, Anda juga pasti akan merasakan lebih hemat dalam penggunaannya. Ada banyak tutorial pembuatan bumbu masak homemade yang tetap lezat meski dibuat sendiri di internet.

Dan jangan lupa untuk membuat menu masakan dalam satu minggu ke depan. Hal itu akan membuat Anda lebih mudah dalam berbelanja dan juga menghemat belanja dapur. Selain itu Anda juga bisa lebih hemat waktu di dapur karena sudah tahu akan memasak jenis masakan apa untuk hari itu.

Usahakan untuk menyimpan bahan makanan dengan baik dan benar. Tak ada salahnya jika Anda memiliki wadah penyimpanan khusus untuk di lemari es atau lemari penyimpanan biasa. Hal itu akan membuat bahan makanan yang Anda simpan akan lebih awet tahan lama dan selalu dalam kondisi yang baik untuk dimasak. Selain itu hal tersebut juga akan membuat dapur Anda lebih rapi juga membuat Anda lebih mudah dalam mencari semua yang Anda butuhkan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You May Also Like

About the Author: khodijah123

error: Content is protected !!